Relasi antar karakter dasar manusia memiliki dua macam kombinasi. Kombinasi yang pertama adalah kombinasi kepribadian yang biasanya muncul atau disebut sebagai kombinasi alami kepribadian (contoh koleris-sanguinis atau sanguinis-koleris). Kombinasi lain yang tidak alami bisa saja terjadi namun lebih jarang karena pada dasarnya sifat koleris dan phlegmatis itu berseberangan atau berkebalikan. Begitu juga dengan sifat melankolis dan sanguinis. Perlu diingat bahwa tidak ada orang di dunia ini yang hanya mempunyai satu atau dua tipe kepribadian saja tanpa ada tipe kepribadian lain yang mempengaruhi. Hanya saja biasanya hanya dua tipe kepribadian yang paling dominan yang membentuk temperamen dasar seseorang

Koleris-Melankolis Mereka yang mempunyai kombinasi koleris-melankolis adalah orang yang teliti, cermat, analitis, cepat dan berani. Tipe ini mampu melakukan analisis secara mendalam (sifat melankolis) namun sangat cepat (sifat koleris) sehingga hasil pekerjaannya jauh lebih produktif daripada tipe melankolis murni, lebih cermat serta lebih memperhatikan detail dibandingkan dengan tipe koleris murni. Sifat melankolis yang terlalu kritis, perfeksionis dan lambat dalam bertindak diimbangi dengan optimisme dan sifat praktis seorang koleris. Dengan demikian, orang dengan tipe ini mampu bertindak cepat dan hati-hati serta luar biasa produktif.

Kombinasi tipe koleris dan sanguinis akan memunculkan sifat-sifat kepribadian ekstrover, yang cenderung menampilkan diri apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Hal ini berbeda dengan tipe koleris murni yang kadang-kadang bisa menyembunyikan penampilan ekstrovert di balik kuatnya keinginan untuk mencapai tujuan. Orang dengan tipe kombinasi kepribadian ini mempunyai antusiasme dan optimisme yang tinggi dalam bekerja dan tidak terlalu otorirer seperti halnya tipe koleris murni arau tipe kombinasi koleris-melankolis. Selain itu, mereka mampu menggunakan keunggulannya dalam bersosialisasi dengan orang lain untuk memotivasi dan memengaruhi mereka agar sejalan dengan tujuannya.

Orang ini mempunyai energi yang sangat besar untuk memulai pekerjaan baru, serta dapat menindaklanjutinya secara konsisten dan seperti bawaan sifat koleris. Dia juga mampu menggunakan kekuatannya untuk mengajak orang lain bekerja sama dengannya serta menyelesaikan konflik yang ada di antara mereka. Selain itu, orang ini punya jiwa kepemimpinan yang simpatik dan mampu berdebat dan bernegosiasi dengan baik serta—yang lebih penting lagi—mampu meyakinkan orang lain bahwa dia benar.

Kelemahan tipe ini adalah mudah marah dan suka memaksakan kehendak kepada orang lain. Kemampuan melihat kebenaran dan objektivitas suatu masalah atau perangai orang lain di sekitarnya tidak sebesar tipe melankolis atau kombinasi koleris-melankolis sehingga keputusan yang diambilnya masih dipengaruhi unsur subjektivitas. Si koleris-sanguinis ini mudah marah, namun juga cepat memaafkan dan melupakannya. Jika dikritik orang lain, dia cenderung akan berdalih dan tetap tidak mau mengakuinya.

Mereka juga kadang suka sekali namanya berkorban, bahkan mengorbankan diri mereka sendiri demi orang lain, tidak suka menonjolkan diri atau low profile lebih memilih bekerja dibalik layar.

Sudah cukup membanggakan diri sebagai melankolis, sekarang kita bahas sisi jeleknya. Tipe melankolis orangnya super sensitif, mereka suka yang namanya menyendiri, kadang juga terjebak dimasalalu dengan ratusan kisah sedih sambil meratapi nasip dan suka membesar besarkan masalah.

Melankolis umumnya tertutup, kalau ada masalah biasanya diumpetin, kalaupun dibagi, pastilah dibagi dengan orang yang paling diapercaya entah keluarga ataupun teman. Jadi kalau anda dicurhati sama melankolis dijaga baik baik kepercayaanya. Mereka juga kadang suka meremehkan diri mereka sendiri, padahal apa yang dikerjakanya mungkin lebih bagus dengan orang lain, istilahnya rumput tetangga lebih hijau dan juga takut kegagalan. Idealis, kalau dirasa sesuatu tidak sesuai kehendaknya mereka kadang suka ngedumel.

KEKUATAN:

* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran

* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal

* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat dan puitis)

* Sensitif

* Mau mengorbankan diri dan idealis

* Standar tinggi dan perfeksionis

* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)

* Hemat

* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)

* Kalau sudah mulai, dituntaskan.

* Berteman dengan hati-hati.

* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.

* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi

* Sangat memperhatikan orang lain

KELEMAHAN:

* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)

* Mengingat yang negatif dan pendendam

* Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah

* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan

* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah

* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)

* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan

* Hidup berdasarkan definisi

* Sulit bersosialisasi

* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik atau sesuatu yang menentang dirinya

* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)

* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)

* Memerlukan persetujuan